Selasa, 25 Oktober 2011

DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)


Flowchart adalah suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program.

Simbol simbol yang digunakan adalah sebagai berikut :


Proses/prosessing,      satu      atau     beberapa himpunan penugasan yang akan dilaksanakan secara berurutan.


Input / Output data yg akan dibaca & dimasukan ke  dalam  memori  komputer  dari  suatu  alat input


Terminal, berfungsi sebagai awal (berisi ‘Start’)
&         sebagai  akhir  (berisi  ‘End’)  dari  suatu proses alur.


Decision          (kotak  keputusan)      berfungsi utk memutuskan arah/percabangan yg diambil sesuai               dgn kondisi     yg        dipenuhi,yaitu Benar/Salah. (dibahas dalam struktur branching).


Subroutine digunakan untuk menjalankan proses suatu bagian (sub program) atau prosedur.

Preparation digunakan untuk  pemberian harga awal.



Connector/penghubung,       digunakan            untuk menghubungkan diagram alur yang terputus dimana bagian tersebut masih berada pada halaman yang sama.


On page Connector, Untuk menghubungkan sambungan dari bagian flowchart yang terputus dimana  sambungannya  berada  pada  halaman lain.

Flowline,  menunjukkan  bagian  arah  instruksi dijalankan



Diagram Alur untuk Program Komputer.

Pada dasarnya suatu program komputer umumnya terdiri atas :

1.         Pembacaan / pemasukan data ke dalam komputer
2.         Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut
3.         Mengeluarkan / mencetak/ menampilkan hasilnya.

Flowchart terdiri dari tiga struktur :
1. Stuktur squence / Struktur sederhana
Contoh :
2. Struktur Branching

Contoh :

3. Stuktur Looping

Contoh :

Catatan :
Ketiga struktur            diatas   dapat   digunakan       secara bersamaan pada satu diagram alur.
Memberi harga kepada suatu Variabel (Cara I)
Suatu variabel dapat diartikan sebagai suatu nilai yg dapat
berubah harganya.
Contoh            menggambarkan         pemberian        harga   suatu variabel :




X = 5     variabel X diberi harga sebesar 5


Kotak proses/penugasan dpt berfungsi antara lain untuk :

Variabel C diberi harga sebesar harga var. P dikurangi harga  var.  Q  (dlm  hal  ini,  harga variabel P & Q harus sudah ada)

Harga  yg  terbaru  dari  variabel  N  adalah harga lama dari variabel N ditambah 1 (atau dengan kata lain, harga variabel N bertambah 1)

Harga yg baru dari var. S adalah harga lama S ditambah dengan harga variabel T.


Jenis variabel terbagi atas 2 macam, yaitu :
1.         Variabel Numerik/bil.,
2.         Variabel untai kata/string,







Memberi harga kepada suatu variabel (Cara II)
Dgn menggunakan kotak masukan/baca/input/read,

STRUKTUR SQUENCE / STRUKTUR SEDERHANA
Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan  dari atas ke bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan .


Keterangan :
1. Masukan Nilai Variable A
mis : 3
2. Proses A dengan A*2
3. Cetak hasil proses diatas
A=A*2 yg menghasilkan A=6



STRUKTUR BRANCHING (Percabangan)
A. Bersyarat
1. IF
2. IF......ELSE
3. NESTED IF atau IF ELSE Majemuk
4. SWITCH.....CASE


B. Tidak Bersyarat
•  Goto


A. Bersyarat
1. IF
Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan BENAR/ SALAH.
Bentuk Umum :
if (kondisi)
pernyataan ;

Struktur Branching/percabangan:


2. IF ...... ELSE
Bentuk umum :
if (kondisi)
perintah1;
else
perintah 2;


Diagram alur dr pemakaian IF......ELSE sbb:


3. Nested IF
Pernyataan if yang berada dalam pernyataan if yang lain





IF.....ELSE Majemuk (bertingkat)
If-else majemuk mirip dengan nested if. Keuntungan penggunaan if-else majemuk adalah bentuk penulisan yang lebih sederhana.
Bentuk umum :
if (syarat)
{
... Perintah;
}
else if (syarat)
{
... Perintah;
}
else
{
... Perintah;
}


4. Switch Case
untuk   menangani       pengambilan    keputusan        yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif.
Bentuk Umum :
switch (ekspresi integer atau karakter)
{
case konstanta1:
...perintah;
break;
case konstanta2:
...perintah;
break;

default :

...perintah;
break;
}

B. Tidak Bersyarat
•           Go To

Bentuk umum :
goto label;

Contoh :
Hitung : statement; statement; statement; statement;
Goto hitung;

Latihan :
Tentukan Output dari Flowchart dibawah ini :


TUGAS KELOMPOK (Max 5 orang) dibuat menggunakan Microsoft Office Visio
1. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini:
   a. Masukan kode barang
   b. Masukan harga barang
   c. Masukan Jumlah barang
   d. Hitung bayar = harga * Jumlah barang
   e. Jika bayar >= 100.000 maka diberikan discount
       10%, selain dari itu tidak mendapat discount
   f.Hitung total bayar = bayar - discount
   g. Cetak total bayar

Jawaban :



2. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini:
    a. Diketahui phi=3.14
    b. Masukan nilai jari-jari (r)
    c. Hitung Keliling = 2 * phi * r d. Cetak Keliling
    e. Ingin menghitung kembali? Jika Ya maka kembali ke proses awal, jika Tidak maka program berhenti.
    Jawaban :
3. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini:
    a. Masukan pilihan
    b. Jika pilihan=1 maka menu=“nasi goreng” jika pilihan=2 maka menu=“mie goreng” jika pilihan=3 maka
         menu=“capcay”
    c. Cetak menu
    d. Ingin pilih kembali? Jika Ya maka kembali ke proses awal, jika Tidak maka program berhenti.
    Jawaban :





1 komentar: