Rabu, 19 Oktober 2011

KERETA API INDONESIA





Ringkasan Sejarah Perkeretaapian Indonesia
Periode Status Dasar Hukum
Th. 1864 Pertama kali dibangun Jalan Rel
sepanjang 26 km antara Kemijen
Tanggung oleh Pemerintah Hindia Belanda
1864 s.d 1945 Staat Spoorwegen (SS)
Verenigde Spoorwegenbedrifj (VS)
Deli Spoorwegen Maatschappij (DSM)
IBW
1945 s.d 1950 DKA IBW
1950 s.d 1963 DKA - RI IBW
1963 s.d 1971 PNKA PP. No. 22 Th. 1963
1971 s.d.1991 PJKA PP. No. 61 Th. 1971
1991 s.d 1998 PERUMKA PP. No. 57 Th. 1990
1998 s.d. 2010 PT. KERETA API (Persero) PP. No. 19 Th. 1998
Keppres No. 39 Th. 1999
Akte Notaris Imas Fatimah
Mei 2010 s.d sekarang PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) Instruksi Direksi No. 16/OT.203/KA 2010







Peta Rute Jalur KA








KERETA WISATA

Untuk menunjang kepariwisataan, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan pelayanan carter kereta khusus wisata juga berbagai keperluan seperti : rapat, pesta pernikahan, ulang tahun, dsb di atas Kereta Api menuju berbagai kota tujuan.

Saat ini PT. Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan tiga kereta wisata, masing - masing diberi nama :

- Nusantara
- Bali
- Toraja


Ketiga kereta wisata tersebut dapat dirangkaikan pada Kereta Api Reguler yang dilengkapi dengan kereta pembangkit (listrik) berkekuatan minimal 300KVA, seperti : KA Argobromo Anggrek, Argo lawu, Dwipangga, Argo Muria, Argo Gede, Bima dan Sembrani.


Kereta Wisata Nusantara


Disebut kereta wisata Nusantara karena desain interior dan segala pernak - perniknya menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau nusantara, sehingga bila kita berada di dalam kereta ini dapat menikmati desain interior yang bernuansa nusantara.

Kereta yang bernomor seri 67501 ini memiliki kapasitas tempat duduk ekslusif untuk 19 orang. Kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel.

Untuk melihat pemandangan luar arah belakang secara leluasa tersedia balkon VIP, sedangkan lobi tengah yang ditata mewah dilengkapi Audio, Video/TV monitor, pendingin ruangan (AC), kamar mandi (Toilet) juga tersedia di dalam kereta ini


Kereta Wisata Bali


Kereta ini interiornya di desain dan dilengkapi dengan ukiran dan lukisan yang bernuansa Pulau Dewata Bali. Bagi para turis yang menggunakan kereta ini sudah mendapat gambaran baik seni, budaya maupun keindahan pulau Bali. Melalui lukisan dan ukuran yang ditata dengan rapih dan apik dalam kereta. Kereta wisata bali bernomor seri S.67801 memiliki 22 tempat duduk ekslusif dalam 2 ruangan, 16 tempat duduk terletak di Meeting Room dab 6 tempat duduk diruangan khusus (kabin). Fasilitas lainnya seperti Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video dan pendingin ruangan (AC) tersedia di dalam kereta ini.


Kereta Wisata Toraja


Kereta wisata Toraja yang bernomor seri S67802 ini memiliki kapasitas 22 tempat duduk ekslusif, 16 tempat duduk di Meeting Room dan 6 tempat duduk diruang khusus (kabin) serta dilengkapi Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video, pendingin ruangan (AC). Dinamakan Kereta Wisata Toraja karena desain interior serta ukiran dan lukisan di sekitar dinding kereta menggambarkan seni dan budaya daerah Toraja.

Lori Wisata Ambarawa
Selain KA wisatanya, terdapat pula Lori Wisata yang juga ditarik oleh loko uap di Ambarawa. Lori wisata ini dijalankan reguler setiap hari dengan keberangkatan dari Museum Ambarawa pk. 08.00 wib. Dengan tarif yang murah meriah, naik Lori Wisata bisa menjadi alternatif untuk berwisata. Tarifnya hanya Rp. 25.000,-/orang, wisatawan sudah bisa naik Lori Wisata. Dengan lima lori yang dirangkai jadi satu, bisa mengangkut 20-30 orang.
Lori Wisata yang digunakan, bermesin mobil Kijang tahun 1986, berbahan bakar premium dengan kecepatan maksimun 20-30 km/jam. Lori berwarna biru ini terdiri dari 5 kereta, dengan 4 tempat duduk di setiap kereta. Dari Stasiun/Museum Ambarawa menuju Stasiun Tuntang PP berjarak 6 Km, dapat ditempuh dengan lori sekitar 1 jam. Panorama sepanjang perjalanan tak akan membosankan, karena lori akan melintasi persawahan dan tepian Rawa Pening. Banyak objek menarik yang dapat dilihat di Rawa Pening, seperti nelayan yang sedang mencari ikan, atau rumah-rumah apung di atas rawa.

 
KA Wisata & Museum Ambarawa
KA wisata Ambarawa adalah KA lok uap bergerigi yang beroperasi di lintas Ambarawa-Bedono, sekitar 35 kilometer dari Kota Semarang Jawa Tengah. Karena struktur geografisnya berada di daerah pegunungan maka dia dikenal dengan sebutan Railway Mountain Tour. Panorama keindahan alam seperti lembah yang hijau antara Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu dapat disaksikan sepanjang perjalanan.
Selain lokomotifnya yang tua (Lok B2503), KA Ambarawa juga unik karena menggunakan kereta kayu CR 56-1 DAN CR 63-1. KA ini mampu mengangkut hingga 100 penumpang. Rata-rata Railway Mountain Tour ini disewa 16 hingga 17 kali dalam sebulan. Total dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk perjalanan pulang pergi Ambarawa-Bedono.
KA WISATA lok uap ini berjalan secara regular atau bisa disewa. Secara regular, KA biasanya beroperasi pada saat liburan panjang sekolah, lebaran, natal dan tahun baru. Dengan mengikuti perjalanan reguler ini, tarif yang dikenakan relatif lebih murah, yaitu hanya Rp 50 ribu per orang untuk perjalanan pergi dan pulang. Kalau tidak sabar menunggu perjalanan reguler, calon penumpang juga bisa menyewa secara khusus dengan tarif Rp. 3.250.000,- hingga Rp 5.250.000,-.
Untuk memesan KA Wisata ini, Bapak Eko Sri Mulyanto di nomor telepon 081325744659 atau Museum KA Ambarawa di nomor 0298591035 dan melalui email: rudi_museumKA@yahoo.comThis e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lori Wisata Kaliraga
Lori Wisata Kaliraga (Kalibaru-Mrawan-Garahan,pp), inilah paket wisata yang ditawarkan PT.KAI (Persero) wilayah Daop 9 Jember. Dengan biaya sewa Rp. 500 ribu, lori ini bisa mengangkut 8 orang. Anda dapat menikmati tempat paling eksotik agrowisata perkebunan kopi, cokelat, hutan pinus dan panorama Gunung Gumitir. Cukup merogoh kocek sebesar Rp. 2.500,-,  Anda dapat menikmati kuliner nasi pecel pincuk Garahan sembari istirahat sejenak di Stasiun Garahan. Lori Wisata ini berangkat dari Stasiun Kalibaru menuju Stasiun Mrawan dan berakhir di Stasiun Garahan, dan kembali lagi. Wisatawan dapat melihat langsung dan melintasi 2 terowongan kereta api yaitu Terowongan Garahan (113m) dan Terowongan Mrawan (690m).

KA Danau Singkarak
Perjalanan tiga jam tak terasa melelahkan manakala melewati Danau Singkarak dari Padang Panjang menuju Sawahlunto. Danau di Sumatera Barat yang terkenal akan keindahannya. KA ini beroperasi secara reguler setiap hari Minggu, namun KA ini juga bisa dicarter sesuai keinginan. Setiap operasinya, KA ini terdiri dari 3 kereta ekonomi, 1 kereta makan dan pembangkit, serta 1 kereta eksekutif berjenis IW-2. Fasilitas kereta ini tidak jauh berbeda dengan kereta Nusantara yang ada di Jakarta.
Beberapa fasilitas kereta ini diantaranya adalah minibar, pendingin ruangan (AC), kursi yang nyaman, dan toilet yang bersih. Total, 240 tempat duduk yang tersedia dalam 1 rangkaian KA Wisata Danau Singkarak ini. KA wisata ini berangkat dari Padangpanjang pukul 08.30 pagi, perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam untuk tujuan akhir Sawahlunto. Tarif perorangnya Rp 50 ribu pp. Jika tertarik, hubungi stasiun Padangpanjang di nomor 0752-82043 atau St











Reservasi Tiket

Penjualan atau pemesanan melalui system ini dilakukan di Contact Center KA melalui nomor panggilan 121(Telepon rumah) dan 021- 121/ 021- 21391121 (GSM & CDMA) 7 hari seminggu.


Rail Agent adalah badan usaha /perusahaan yang berbadan hukum yang mewakili PT.Kereta Api Indonesia (Persero) dalam memasarkan, mempromosikan, dan melayani pemesanan karcis di daerah tertentu.


Fasilitas layanan KABILA disiapkan untuk meningkatkan layanan informasi Kereta Api kepada masyarakat melalui penerapan teknologi informasi sesuai dengan visi dan misi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang diupayakan untuk merubah yang semula cenderung ke product oriented menjadi lebih customer oriented, sehingga segala aspek yang menyangkut kebutuhan pelanggan akan lebih diperhatikan termasuk salah satunya interaksi dengan pelanggan melalui aplikasi KABILA ini


Untuk memudahkan pelanggan dan masyarakat mendapatkan tiket KA, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah memperluas saluran / jaringan yang semakin tersebar dengan harapan pelanggan dan masyarakat menjangkau lokasi-lokasi penjualan tiket KA. Pelanggan dan masyarakat dapat memperoleh tiket salah satu di Stasiun-stasiun online.


Pemesanan tiket KA melalui Loket PT. Pos, sekarang tiket kereta api kelas eksekutif dan bisnis dapat dipesan dan dibeli di Kantor Pos Terdekat.


DRIVE THRU adalah Layanan tambahan bagi pengguna jasa berupa layanan pemesanan tiket dalam kendaraan, sehingga pembelian tiket yang menggunakan kendaraan mobil tidak perlu parker ataupun turun dari kendaraan terlebih dahulu untuk membeli tiket kereta api, cukup masuk ke dalam jalur drive thru dan petugas loket akan melayani dengan cepat.


Mobile ticketing Online melayani penjualan tiket Kereta Api ekonomi AC Bogowanto dan Kereta Api bisnis dan eksekutif lainnya untuk semua jurusan. Mobile Ticketing Online mulai beroprasi pada tanggal 9 April 2011 setiap hari sabtu sore jam 16.00 s/d selesai di Alun-alun Purwokerto dan minggu pagi di GOR satria Purwokerto. Kami juga melayani Delivery Order di sekitar wilayah Purwokerto.


Pemesanan dan pembelian tiket KA melalui Indomaret, datang ke gerai Indomaret terdekat (baru dilayani di wilayah jabodetabek), pesan tiket sesuai dengan keinginan anda. Bayar sesuai dengan jumlah struk, periksa kembali struk sebelum meninggalkan tempat pembelian, tukarkan struk di statsiun dengan tiket KA

PT.Kereta Api Indonesia (Persero) bekerjasama dengan PT.CITOS memberikan kemudahan kepada pelanggan kereta api untuk melakukan reservasi tiket Kereta Api secara online di mana anda berada.

CIMB Clicks merupakan layanan internet banking dari Bank CIMB Niaga. Melalui CIMB Clicks ini, pelanggan kereta api dapat memanfaatkannya untuk melakukan pembayaran tiket kereta. Cukup dengan menelepon Contact Center 121 untuk memesan tiket kereta dan mendapatkan kode booking. Selanjutnya pelanggan melakukan pembayaran melalui CIMB Clicks dengan memasukkan kode booking tersebut. Bukti pembayaran itulah yang nantinya akan ditukarkan menjadi tiket di loket stasiun keberangkatan.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar