Simbol simbol yang digunakan adalah
sebagai berikut :
|
Proses/prosessing, satu
atau beberapa himpunan penugasan yang akan dilaksanakan secara
berurutan.
Input / Output data yg akan dibaca & dimasukan ke
dalam memori komputer dari suatu alat input
Terminal, berfungsi sebagai awal (berisi ‘Start’)
& sebagai akhir (berisi ‘End’) dari suatu
proses alur.
Decision (kotak
keputusan) berfungsi utk memutuskan arah/percabangan yg diambil
sesuai dgn kondisi yg dipenuhi,yaitu
Benar/Salah. (dibahas dalam struktur branching).
Subroutine digunakan untuk menjalankan proses suatu bagian (sub
program) atau prosedur.
Preparation digunakan untuk pemberian harga awal.
Connector/penghubung,
digunakan untuk menghubungkan diagram alur yang terputus
dimana bagian tersebut masih berada pada halaman yang sama.
On page Connector, Untuk menghubungkan sambungan dari
bagian flowchart yang terputus dimana sambungannya berada pada
halaman lain.
Flowline, menunjukkan bagian arah instruksi dijalankan
|
Diagram Alur untuk
Program Komputer.
Pada dasarnya suatu
program komputer umumnya terdiri atas :
1.
Pembacaan / pemasukan data ke dalam komputer
2. Melakukan
komputasi/perhitungan terhadap data tersebut
3. Mengeluarkan /
mencetak/ menampilkan hasilnya.
Flowchart terdiri dari tiga struktur :
1. Stuktur squence / Struktur sederhana
Contoh :
2. Struktur Branching
Contoh :
3. Stuktur Looping
Contoh :
Catatan :
Ketiga struktur
diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur.
Memberi harga kepada suatu Variabel (Cara I)
Suatu variabel dapat diartikan sebagai suatu nilai
yg dapat
berubah
harganya.
Contoh menggambarkan pemberian harga suatu variabel :
X = 5 variabel
X diberi harga sebesar 5
Kotak proses/penugasan dpt
berfungsi antara lain untuk :
|
Variabel C diberi harga sebesar harga var. P dikurangi
harga var. Q (dlm hal ini, harga variabel P & Q harus sudah ada)
Harga
yg terbaru dari variabel N adalah
harga lama dari variabel N ditambah 1 (atau dengan kata lain, harga
variabel N bertambah 1)
Harga yg baru dari var.
S adalah harga lama S ditambah dengan harga variabel T.
Jenis variabel terbagi
atas 2 macam, yaitu :
1. Variabel
Numerik/bil.,
2. Variabel untai
kata/string,
|
Memberi harga kepada suatu variabel
(Cara II)
Dgn
menggunakan kotak masukan/baca/input/read,
STRUKTUR SQUENCE / STRUKTUR
SEDERHANA
Diagram
yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas
ke bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau
pengulangan .
|
Keterangan :
1. Masukan Nilai Variable A
mis : 3
2. Proses A dengan A*2
3. Cetak hasil proses diatas
A=A*2 yg menghasilkan A=6
|
STRUKTUR BRANCHING (Percabangan)
A. Bersyarat
1. IF
2.
IF......ELSE
3.
NESTED IF atau IF ELSE Majemuk
4. SWITCH.....CASE
B. Tidak Bersyarat
• Goto
A. Bersyarat
1. IF
Diagram
yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan &
terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan
BENAR/ SALAH.
Bentuk
Umum :
if
(kondisi)
pernyataan
;
Struktur Branching/percabangan:
2. IF ...... ELSE
Bentuk umum :
if (kondisi)
perintah1;
else
perintah 2;
Diagram alur dr pemakaian
IF......ELSE sbb:
3. Nested IF
Pernyataan if yang berada
dalam pernyataan if yang lain
IF.....ELSE Majemuk (bertingkat)
If-else majemuk mirip dengan nested if. Keuntungan
penggunaan if-else majemuk adalah bentuk penulisan yang lebih sederhana.
Bentuk umum :
if (syarat)
{
...
Perintah;
}
else if (syarat)
{
...
Perintah;
}
else
{
... Perintah;
}
4. Switch Case
untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak
alternatif.
Bentuk
Umum :
switch
(ekspresi integer atau karakter)
{
case
konstanta1:
...perintah;
break;
case
konstanta2:
...perintah;
break;
default :
...perintah;
break;
}
B. Tidak Bersyarat
• Go To
Bentuk umum :
goto label;
Contoh :
Hitung : statement; statement; statement; statement;
Goto hitung;
Latihan
:
Tentukan Output dari Flowchart
dibawah ini :
TUGAS KELOMPOK (Max 5
orang) dibuat menggunakan Microsoft Office Visio
1. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini:
a. Masukan kode barang
b. Masukan harga barang
c. Masukan Jumlah barang
d. Hitung bayar = harga * Jumlah barang
e. Jika bayar >= 100.000 maka diberikan discount
10%, selain dari itu tidak mendapat discount
f.Hitung total bayar = bayar - discount
g. Cetak total bayar
1. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini:
a. Masukan kode barang
b. Masukan harga barang
c. Masukan Jumlah barang
d. Hitung bayar = harga * Jumlah barang
e. Jika bayar >= 100.000 maka diberikan discount
10%, selain dari itu tidak mendapat discount
f.Hitung total bayar = bayar - discount
g. Cetak total bayar
Jawaban :
2. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini:
a. Diketahui phi=3.14
b. Masukan nilai jari-jari (r)
c. Hitung Keliling = 2 * phi * r d. Cetak
Keliling
e. Ingin menghitung kembali? Jika Ya maka kembali ke proses awal, jika
Tidak maka program berhenti.
Jawaban :
3. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini:
a. Masukan pilihan
b. Jika pilihan=1 maka menu=“nasi goreng” jika
pilihan=2 maka menu=“mie goreng” jika pilihan=3 maka
menu=“capcay”
c. Cetak menu
d. Ingin pilih kembali? Jika Ya maka kembali ke
proses awal, jika Tidak maka program berhenti.
Jawaban :
mksi tante...
BalasHapus