Simbol simbol yang digunakan adalah
 sebagai berikut :
| 
 |    
Proses/prosessing,      satu      
atau     beberapa   himpunan penugasan yang akan dilaksanakan secara 
berurutan. 
Input   / Output data yg akan dibaca & dimasukan   ke  
dalam  memori    komputer  dari  suatu    alat input 
Terminal,   berfungsi sebagai awal (berisi ‘Start’) 
&         sebagai  akhir  (berisi    ‘End’)  dari  suatu 
proses alur. 
Decision          (kotak   
keputusan)      berfungsi   utk memutuskan arah/percabangan yg diambil 
sesuai               dgn kondisi     yg         dipenuhi,yaitu 
Benar/Salah. (dibahas   dalam struktur branching). 
Subroutine   digunakan untuk menjalankan proses suatu bagian (sub 
program) atau prosedur. 
Preparation   digunakan untuk  pemberian harga awal. 
Connector/penghubung,       
digunakan            untuk menghubungkan diagram alur yang terputus 
dimana   bagian tersebut masih berada pada halaman yang sama. 
On   page Connector, Untuk menghubungkan sambungan   dari 
bagian flowchart yang terputus dimana    sambungannya  berada  pada    
halaman lain. 
Flowline,  menunjukkan    bagian  arah  instruksi dijalankan 
 | 
Diagram Alur untuk 
Program Komputer.
Pada dasarnya suatu 
program komputer umumnya terdiri atas :
1.        
 Pembacaan / pemasukan data ke dalam komputer
2.         Melakukan 
komputasi/perhitungan terhadap data tersebut
3.         Mengeluarkan / 
mencetak/ menampilkan hasilnya.
Flowchart terdiri dari tiga struktur :
1. Stuktur squence / Struktur sederhana
Contoh :
2. Struktur Branching
Contoh :
3. Stuktur Looping
Contoh :
Catatan :
Ketiga struktur           
 diatas   dapat   digunakan       secara bersamaan pada satu diagram alur.
Memberi harga kepada suatu Variabel (Cara I)
Suatu variabel dapat diartikan sebagai suatu nilai 
yg dapat
berubah
 harganya.
Contoh             menggambarkan         pemberian        harga   suatu variabel :
X = 5     variabel
 X diberi harga sebesar 5
Kotak proses/penugasan dpt 
berfungsi antara lain untuk :
| 
 |    
Variabel C diberi harga sebesar harga var. P dikurangi
   harga  var.  Q    (dlm  hal  ini,    harga variabel P & Q harus sudah ada) 
Harga   
 yg  terbaru  dari    variabel  N  adalah
 harga lama dari variabel N ditambah   1 (atau dengan kata lain, harga 
variabel N bertambah 1) 
Harga yg baru dari var.
 S adalah harga lama S   ditambah dengan harga variabel T. 
Jenis variabel terbagi 
atas 2 macam, yaitu : 
1.         Variabel   
Numerik/bil., 
2.         Variabel   untai 
kata/string, 
 |   
Memberi harga kepada suatu variabel
 (Cara II)
Dgn 
menggunakan kotak masukan/baca/input/read, 
STRUKTUR SQUENCE / STRUKTUR 
SEDERHANA 
Diagram
 yang alurnya mengalir secara berurutan  dari atas
 ke bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau 
pengulangan .
| 
 |    
Keterangan : 
1. Masukan Nilai Variable A 
mis : 3 
2. Proses A dengan A*2 
3. Cetak hasil proses diatas 
A=A*2 yg menghasilkan A=6 
 |   
STRUKTUR BRANCHING (Percabangan) 
A. Bersyarat
1. IF
2. 
IF......ELSE
3. 
NESTED IF atau IF ELSE Majemuk
4. SWITCH.....CASE
B. Tidak Bersyarat
•  Goto
A. Bersyarat
1. IF
Diagram
 yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan & 
terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan 
BENAR/ SALAH.
Bentuk
 Umum :
if 
(kondisi)
pernyataan
 ;
Struktur Branching/percabangan:
2. IF ...... ELSE
Bentuk umum :
if (kondisi)
perintah1;
else
perintah 2;
Diagram alur dr pemakaian 
IF......ELSE sbb:
3. Nested IF
Pernyataan if yang berada 
dalam pernyataan if yang lain
IF.....ELSE Majemuk (bertingkat)
If-else majemuk mirip dengan nested if. Keuntungan 
penggunaan if-else majemuk adalah bentuk penulisan yang lebih sederhana.
Bentuk umum :
if (syarat)
{
... 
Perintah;
}
else if (syarat)
{
... 
Perintah;
}
else
{
... Perintah;
}
4. Switch Case
untuk   menangani       pengambilan    keputusan        yang melibatkan sejumlah atau banyak 
alternatif.
Bentuk
 Umum :
switch
 (ekspresi integer atau karakter)
{
case
 konstanta1:
...perintah;
break;
case
 konstanta2:
...perintah;
break;
default :
...perintah;
break;
}
B. Tidak Bersyarat
•           Go To
Bentuk umum :
goto label;
Contoh :
Hitung : statement; statement; statement; statement;
Goto hitung;
Latihan
 :
Tentukan Output dari Flowchart 
dibawah ini :
TUGAS KELOMPOK (Max 5
 orang) dibuat menggunakan Microsoft Office Visio
1. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini:
a. Masukan kode barang
b. Masukan harga barang
c. Masukan Jumlah barang
d. Hitung bayar = harga * Jumlah barang
e. Jika bayar >= 100.000 maka diberikan discount
10%, selain dari itu tidak mendapat discount
f.Hitung total bayar = bayar - discount
g. Cetak total bayar
1. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini:
a. Masukan kode barang
b. Masukan harga barang
c. Masukan Jumlah barang
d. Hitung bayar = harga * Jumlah barang
e. Jika bayar >= 100.000 maka diberikan discount
10%, selain dari itu tidak mendapat discount
f.Hitung total bayar = bayar - discount
g. Cetak total bayar
Jawaban :
2. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini:
    a. Diketahui phi=3.14
    b. Masukan nilai jari-jari (r)
    c. Hitung Keliling = 2 * phi * r d. Cetak 
Keliling
   
 e. Ingin menghitung kembali? Jika Ya maka kembali ke proses awal, jika 
Tidak maka program berhenti.
    Jawaban :
3. Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini:
    a. Masukan pilihan
    b. Jika pilihan=1 maka menu=“nasi goreng” jika 
pilihan=2 maka menu=“mie goreng” jika pilihan=3 maka
         menu=“capcay”
    c. Cetak menu
    d. Ingin pilih kembali? Jika Ya maka kembali ke 
proses awal, jika Tidak maka program berhenti.
    Jawaban :




mksi tante...
BalasHapus